Kurma (pohon) | pohon kurma kecil

Kurma (pohon) | pohon kurma kecil



Kurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripPohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan akan berbuah, dan menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah Gambar untuk Kurma (pohon) + pohon kurma kecilWow! Kurma Umur 20 Bulan Berbuah di Indonesia oleh Imam kompasiana wow kurma umur 20 bulan berbuah di indonesiaCache27 Sep 2018 Lima tandan buah kurma tampak menjuntai dari satu pohon kurma Akibatnya, buah yang muncul saat itu hanya sedikit, berukuran kecil, dan  Tips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah â–º 5:08 youtube watch?v=vK9sqRuvWU012 Okt 2017 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah Lebat HAsil # TIS # Kurma Mini Lebat Buah dlm POT|Jenis,Tanam,Rawat|Ajwa â–º 11:52 youtube watch?v=gIvD EZe6Ew1 Apr 2018 12 menit Diupload oleh Taman InspirasiAssalamu'alaikum wr wb Thanks for Like, Comment, Share & Subs on: 561 SAFA Bibit Biji Kurma Harga 25rb untuk Bibit Biji Pohon KURMA ACEH id id facebook pohonkurmaaceh kurmaharga pohon kurma kecil95rb pohon kurma 2045592519033826 CacheBibit Biji Kurma Harga 25rb untuk ukuran pohon kurma kecil 95rb untuk Pohon Kurma besar Pemesanan 0852 334 63940 Berminat? > Borong Semua Diskon Kebun Kurma Kini Hijaukan Aceh, Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik kebun kurma kini hijaukan aceh siap panen mei 2018Cache14 Mar 2018 Aceh Mahdi Muhammad (54) berjalan pelan menyusuri perkebunan seluas 18 hektare yang sudah ditanami 2 000 pohon kurma Sesekali, ia  Cara Menanam Pohon Kurma agar Cepat Berbuah â€" VIVA viva co id 954925 cara menanam pohon kurma agar cepat berbuahCache9 Sep 2017 VIVA co id â€" Pohon kurma atau date palm, bahasa latin disebut Phoenix Dactylifera, merupakan tanaman jenis Dioecious, memiliki tanaman  Jual Anekan Pohon Kurma Taman, Rumah dan Kebun â€" waras farm warasfarm wordpress jual anekan pohon kurma taman rumah dan kebun Cache20 Ags 2018 Umumnya pohon kurma akan berbuah setelah berumur 4 sampai dan buahnya kecil kecil, namun untuk berbuah semua butuh proses cukup  Agar Pohon Kurma Bisa Berbuah di Indonesia, Ini Jawabannya agronet co id 63 Agar Pohon Kurma Bisa Berbuah di Indonesia Ini JawabannyaCache12 Jun 2017 Agar Pohon Kurma Bisa Berbuah di Indonesia, Ini Jawabannya Di banyak daerah lain di seluruh Indonesia, kebun kurma skala kecil, juga 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sumatera Utara, Banten, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Riau

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon kurma kecil di Bolaang Mongondow Selatan, Kab. Majalengka, Padang, Kab. Banyuwangi, Kab. Kubu Raya, Padang, Sarmi, Kab. Rote Ndao, Kepulauan Seribu, Seruyan, Nias Selatan, Tangerang Selatan, Balikpapan, Bengkulu Utara,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | pohon kurma kecil di Kec. Galesong, Kec. Medan Timur, Kec. Camplong, Kec. Banyumanik, Kec. Teluk Naga, Kec. Sukawening, Kec. Tanjung Sari, Kec. Paranginan, Kec. Balapulang, Kec. Cipatujah, Ngruki, Kec. Kuta Panjang, Kec. Andam Dewi, Kec. Besuk, Kec. Beutong, Kec. Jayakerta, Kec. Bantar Gadung, Kec. Kelapa Dua, Kec. Tawangsari, Kec. Toroh

Kurma, (Arab: Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adl pohon palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapatdimkn. Wlpn tmpt asalnya tidak diketahui karena tlh sjk lama dibddykn, kemungkinan tumbuhan ini berasal dr tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dg tngg sktr 15-25 m, tmbh secara tunggal atau mmbntk rumpun pada sjmlh batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya mempunyai pnjng 3-5 meter, dg duri pada tangkai daun, menyirip & mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan pnjng 30 cm dan lebar 2 cm . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 meter.

Etimologi
Nm spesies dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh mnjd mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tumbuhan Kurma diykn berasal dari sktr Teluk Persia & telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bkt arkeologi bddy kurma di bgn Arab timur pada thn 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diprknlkn di Mexico & California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd thn 1765.

Buah
Buah yg dihasilkan oleh tanaman kurma dikenal sebagai buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dg panjang 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter danketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, trgntng dari jenisnya. Kurma mempunyai bj tunggal yg ukuran pnjngnya sktr 2-2,5 centimeter dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini tergantung pd kndngn glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Tumbuhan kurma merupakan tumbuhan spesies dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yg hidup secara terpisah. Mereka dapat tumbuh dg mudah dr bakal biji, ttp hanya 50% tanaman betina yang ditnm secara pembibitan akan berbuah, dan mnghslkn buah yang kecil srt berkualitas rendah. Sbgn besar perkebunan menggunakan perkembangbiakan stek pada tumbuhan, terutama pd kultivar 'Medjool' krn bisa menghasilkan panen yg banyak srt buah yang manis & besar. Pohon yg tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal drpd tanaman yg mnggnkn bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pd pohon kurma dilkkn scr alami oleh angin tetapi pada perkebunan oasis tradisional dan perkebunan modern, penyerbukan dilkkn scr manual. Penyerbukan alami pd tumbuhan jantan & betina, dapat trjd dg jmlh yang sama antara kedua tanaman. Nmn, bila dilakukan dengan bantuan, satu pohon jantan bisa menyerbuki hngg 100 tumbuhan betina. Pohon jantan yg mrpkn sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani menggunakan smbr daya mereka untuk memproduksi lbh banyak buah pada tanaman betina.

Bbrp petani bhkn tidak memelihara tumbuhan jantan, yg mana sebagai bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pd saat waktu penyerbukan. Penyerbukan manual dikerjakan oleh pkrj terampil dg mnggnkn bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah sprt Irak, para pekerja memanjat tanaman dg mnggnkn alat pemanjat khusus, dmn alat tersebut mengitari batang pohon & pendaki membuatnya tetap melekat pada bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari dapat ditrbngkn ke bunga betina dengan angin.

Kurma masak dbg menjadi empat golongan, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 g kurma segar bisa mengandung sumber vitamin C[butuh rujukan] dan energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yang terkandung dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tdk mnjdknnya jauh lbh pekat pada saat proses pengeringan berlangsung, meskipun vitamin C-nya akanhilang.

Kurma mrpkn pohon tradisional yg penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adalah makanan tradisional yg utama untk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) jg dibddykn di Amerika Serikat pdbagian selatanCalifornia, Arizona & bagian selatan Florida.

Tumbuhan kurma bisa berbuah setelah ditnm slm 4 smp 7 tahun dan bisa dipanen ktk telah berusia 7 sampai 10 thn. Tanaman kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yg berkualitas untk bisa dipasarkan, tandan kurma hrs ditipiskan & dibngks atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca dan hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk & kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dari tajines (untk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untuk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untuk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yg paling tersedia untk dijual & beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adl sumber yg sngt baik untuk diet kalium. Kandungan gula pada kurma yg telah matang sekitar 80%; sisanya trdr dr protein, serat, dan elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, & seng.[5]

Di India & Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yang dikonversi mnjd gula kelapa (yg dikenal sbg jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dr pnydpn pohon palma diknl sebagai lagbi. Jika dibiarkan untuk jangka wkt yang ckp lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dengan mdh bisa menjadi mnmn beralkohol. Ktrmpln khusus dibutuhkan pada saat penyadapan tanaman palma sehingga tdk mati.

Di bgn Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada trmsk UNESCO dilndng Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disajikan terbungkus pada daging babi asap & shallow goreng.

Itu jg digunakan untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Bj kurma trsbt direndam dari bwh ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untuk digunakan dlm bentuk sabun & kosmetik. Mereka jg dapat diolah scr kimia sebagai sumber asam oksalat. Benih-benihnya juga dibakar untuk membuat arang oleh pandai perak dan dapat dirngk mnjd kalung. Bj kurma juga tanah & digunakan pada olahan bj kopi atau sebagai bahan tambahan untk kopi.

Tandan buah yg telah dipreteli bisa dgnkn sebagai sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yang terbuat dari buah yang masak dgnkn sbg plps untk tas kulit dan pipa untuk mncgh kebocoran.

Getah tumbuhan kurma dapat digunakan untk membuat sirup &berbagai produk bisa dimakan berasal dr sirup.

Daun tanaman kurma dgnkn untk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat menjadi tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yg diolah dapat digunakan sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang mrpkn smbr ampas selulosa dapat dijdkn sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yg berharga mnglrkn aroma serta seratnya jg dapat dgnkn sebagai tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya digunakan sebagai lulav.

Kayu kayu tanaman kurma dgnkn untk tiang dan langit-langit pada pondok, krn lbh ringan dari kelapa & tidak begitu tahan lama. Kayu juga digunakan untuk konstruksi seperti jembatan & saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibkr sbg bahan bakar.

Dimana tradisi krjnn masih berkembang, sprt di Oman, pohon palem adl yg paling serba guna dr semua tanaman asli, & hamper setiap bagian dr tumbuhan digunakan untuk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untk sarang, perahunelayan, & tmpt tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma mempunyai kndngn tannin yang tinggi & secara medis digunakan sbg deterjen (mempunyai daya pembersihan) & astringent pd usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma bisa diberikan untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sjmlh keluhan lainnya dalam bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mngtkn bahwa kurma bisa mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk biji juga digunakan dlm bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang pohon, di India, dgnkn untuk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn mlwn sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, & memiliki efek gonadotropic pada tikus muda.

2019-04-03 19:41:09 * 2019-04-03 19:24:04

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | pohon kurma kecil adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | pohon kurma kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit