Vanili budidaya tanaman vanili

14:51:03 Vanili (Vanilla planifolia) adalah tumbuhan pnghsl bubuk vanili yg biasa dijdkn pengharum mknn. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Tanaman vanili dikn pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nama daerah dariI vanili adl Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili
Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas & berbuku. Pnjng rata-rata 15 cm. Tanaman melekat pada pohon atau tonggak yang tlh disediakan.

Daun vanili mrpkn daun tunggal. Letaknya berselang-seling pada masing-masing buku. Wrnnya hijau trng, dengan kepanjangan 10-25 cm srt lbr 5-7 cm. Bntk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tampak setelah daun tersebut tua atau mengering, sdngkn pada waktu daun msh muda tdk jelas kelihatan.

Rngkn bunga vanili adalah bunga tandan yg terdr dr 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bntk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, pnjng 4-8 cm dan berbau agak wangi.

Bunga vanili trdr dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yg trltk dlm dua lngkrn. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar drpd bagian dalam petal. Satu dari petalnya brbh bentuk, mngglng sprt corong yg dsbt bibir (rostelum).

Reproduksi
Di Meksiko tanaman vanili dapat berbuah karena ada serangga yang mmbnt penyerbukannya.

Putik pd bunga vanili trttp oleh bibir, sehingga pnyrbkn secara alamiah trhlng, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, ltknya lbh tinggi daripada kepala putik. Keistimewaan dr bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diltkkn disana akan segera menempel dan terjadilah pembuahan.

Bunga vanili yang [tlh|telah} mekar hanya dapat bertahan satu hari. Jk bunga yang tlh mekar itu tdk sgr dikwnkn, akan layu dan kemudian rontok. Oleh sebab itu hrssering keliling kebun untuk mngntrl perkmbngn vanili.

Saat yang baik untuk mengawinkan bunga vanili adalahpada pagi hari. Hari-hari basah dan kering sekali tdk baik untuk penyrbkn. Berhasil atau tidaknya penyerbukan akan tmpk setelah dua atau tiga hari. Bunga yang berhasill diserbuki akan berubah warnanya menjadi lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu tetapi tangkai bunganya ttp menempel pada tandan bunga. Bunga yg tidak berhasil diserbuki akan gugur. Stlh terjadi pembuahan antr 10-15 buah, bunga pd tandan yg msh kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat mknn yang dihisap oleh tumbuhan diakumulasikan pada pmbntkn dan pembesaran buah.

Pd waktu bunga mekar, pnjng bakal buah 2-4 centimeter dengan garis tengah 5 millimeter. Satu minggu stlh penyrbkn bakal buah itu dapat mencapai pnjng 8-10 cm. Lima minggu kmdn buah tlh mncp pnjng maksimal 20-25 cm, dengan garis tengah 1,5 cm. Setelah buah mncp prkmbngn yang mksml, lima atau enam bln kmdn buah akan masak.

Warna buah mula-mula hijau muda, kemudian hijau tua disertai dg garis-garis kuning menjelang matang. Buah yg telah masak brwrn coklat tua. Jk dibiarkan matang di pohon, buah akan pecah mnjd dua bgn, dan menyebarkan aroma vanili. Bj buah kecil-kecil, banyak sekali jmlhnya, brwrn hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.




Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Yahukimo Tapin Bintan Kab. Sambas Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Bintan Kab. Bengkayang Palu Donggala Kab. Sekadau Muaro Jambi Jambi Kab. Tulungagung Pekanbaru

Dan Kec lainnya Bebelan Kec. Kedungreja Pamboang Kec. Rungkut Kec. Madukara Ngruki Kec. Pesanggaran Tambakdahan Kec. Kindang Kec. Selopampang Kec. Selorejo Kec. Ujung Pangkah Kec. Somagede Kec. Tojo Kec. Pusakanagara Kec. Balapulang Kec. Blang Pidie Kec. Indra Makmur Kec. Lima Puluh Kec. Bojong Gambir

Tag Vanili budidaya tanaman vanili

Tag search: budidaya tanaman vanili Vanili .. Vanili Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas idwikipediaorgwikiVanili Vanili Vanilla planifolia adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk Budidaya Tanaman Vanili YouTube 18 Okt 2018 Tergiur keuntungan besar para petani jember kini mulai melirik budidaya tanaman vanili pasalnya tanaman ini mudah ditanam dan tumbuh Vanili di lahan sempit part 1 YouTube 5 Mei 2019 Budidaya tanaman vanili dgn cara yang creative di lahan yg sempit Cara mengatur sulur tanaman vanili biar cepat berbuah YouTube 20 Jun 2019 Cara mengatur sulur tanaman vanili biar cepat berbuah budidaya vanili singaraja bali rinaya dsw Loading Unsubscribe from budidaya vanili 7 Cara Budidaya Vanili yang Benar Bunga Bunga bungabungacoidbudidayavanili 20 Sep 2019 Budidaya Vanili Vanili atau vanila adalah jenis tanaman penghasil bubuk vanila yang memiliki aroma manis dan harum tanaman vanili 4 Cara Budidaya Tanaman Vanili Bisa Anda Baca Di sini 28 Mei 2018 budidaya tanaman vanili adalah salah satu budidaya tanaman yang mempunyai prospek yang sangat tinggi Permintaan akan tanaman ini Cara Menanam Vanili Agar Cepat Berbuah KampusTaniCom 23 Jan 2019 Cara Menanam Vanili Agar Cepat Berbuah Vanili atau vanilla merupakan salah satu jenis tanaman penghasil bubuk vanili yang memiliki Harum peluang budidaya vanili kembali merebak bagian 2 peluangusahakontancoidnewsharumpeluangbudidayavanilikembalimerebakbagian2 31 Ags 2019 Petani vanili asal Badung Bali Made Dwi Wijaya menyarankan tanah yang baik bagi tanaman vanili adalah yang gembur lempung berpasir DOC makalah budidaya Tanaman Vanili Ilham Dani Rahman BUDIDAYA TANAMAN VANILI Vanilla planifolia OLEH AHMAD AMRI 1105101050023 ILHAM DANI RAHMAN 1105101050097 PROGRAM STUDI .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili budidaya tanaman vanili adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili budidaya tanaman vanili"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit