Kersen buah kersen obat apa

11:54:01 Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis tanaman sklgs buahnya yang kecil dan manis brwrn merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untuk ceri yg sbnrny, lihat artikel ceri).

Dlm Bahasa Madura, buah ini dsbt "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adl datiles, aratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); & kerukup siam (Malaysia).

Jg dikenal sbg capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, & Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dr sini diambil menjadi kersen dlmbahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri.

Daun Kersen mengandung zat antioksi& alami shngg bs mnghmbt pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dalam botol siapmnm, teh daun Kersen ini menjadi minuman herbal yangdigmr para remaja.

Pemerian
Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 meter, msk umumnya hny sktr 3-6 meter saja. Hijau abadi& terus menerus berbunga & berbuah spnjng thn.
Cabang-cabang mendatar, menggntng di ujungnya; membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus brcmpr dengan rambut kelenjar; demikian pula daunnya.
Daun-daun trltk mndtr, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi & berujung runcing, 1-4 × 4-14 cm, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yang sblh meruncing bntk benang, lk. 0,5 centimeter, agak lama lalu mengering dan rontok, smntr sebelah lagi rudimenter.

Bunga dalam berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, trltk di ketiak agak di sblh atas tumbuhnya daun; bertangkai pnjng; berkelamin dua & berbilangan 5; kelopak brbg dlm, taju meruncing bntk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari berjumlah banyak, 10 sampai lbh dari 100 helai. Bunga yg mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah mnjd buah menggantung ke bawah, trsmbny di bwh helai daun. Umumnya hny satu-dua bunga yang menjadi buah dlm tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai panjang, bulat hamper sempurna, diameter 1-1,5 centimeter, hijau kuning dan akhirnya merah apabilamatang, bermahkota sisa tangkai putik yang tdk rontok srp bintang hitam bersudut lima. Berisi beberapa ribu bj yg kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dlm daging dan sari buah yang manis sekali.

Selain itu, buah kersen jg dpt dgnkn untk obat penyakit asam urat, diabetes, & msh banyak lg.

Hasil, ekologi dan penyebaran
Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung & codot. Anak-anak sklh srng memanjat pohonnya, mngglkan bekas-bekas brp ranting yang berpatahan dan kulit batang yang terkelupas. Buah ini jg dapat dijdkn selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di psr.Pohon kersen di Indonesia mdh ditemukan. Biasanya pohon ini dijdkan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan mdh kering, sngt brgn sbg kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas digunakan sbg bhn tali & kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan semacam teh.

Burung-burung pmkn buah, seperti kelompok merbah dan burung cabe, srng mengunjungi pohon ini di waktu siang untk mmkn buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka varietas kelelawar pmkn buah yg dating dg tujuan yang sama. Bj kersen tdk tercerna oleh burung dan codot, krn itu kedua kelompok hewan ini sklgs berfungsi sebagai pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya berguna sbg tanaman peneduh di pinggir jln. Pohon kecil ini awalnya srng tumbuh sbg semai liar di tepi jln, selokan, atau mncl di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan akhirnya tumbuhdengan cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sebagai tumbuhan naungan. Sbb itulah pohon kersen acapkali ditmkn di wly perkotaan yang ramai dan padat, di tepi trotoar & lahan parkir, di tepi sungai yg tidak terurus atau di tmpt-tmpt yang biasa kering berkepanjangan.

Karena sifat-sifat dan daya tahannya itu, kersen menjadi salah satu tumbuhan pionir yg paling banyak ditemukan di wlyh hunian manusia di daerah tropis. Berasal dr Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai ke Peru & Bolivia), kersen dibw masuk ke Filipina pd akhir abad-19, & lalu dg cpt menyebar di slrh wilayah tropis Asia Tenggara.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Hulu Sungai Selatan Metro Teluk Wondama Seram Bagian Timur Kota Mataram Teluk Wondama Bangka Tengah Kab. Lumajang Sorong Mesuji Muara Enim Katingan Cilegon Kab. Gresik

Dan Kec lainnya Kec. Cipongkor Kec. Randublatung Kec. Bandar Pasir Mandoge Kec. Rubaru Kec. VII Koto Sungai Sarik Kec. Kampak Kec. Banjarmangu Kec. Banua Lawas Kec. Kenjeran Kec. Cilebar Kec. Panyabungan Selatan Kec. Bojong Kec. Jatibarang Kec. Sukowono Kec. Tanggul Kec. Sukarame Kec. Sukodono Kec. Ambunten Masohi Kec. Singorojo



Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen buah kersen obat apa adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen buah kersen obat apa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit