Mahoni | pohon kayu mahoni

Mahoni | pohon kayu mahoni

 

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yg mencakup 50 genera & 550 varietas tumbuhan kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk tanaman besar dg tinggi pohon mencapai 35–40 meter dan diameter mncp 125 cm.[2] Btng lurus berbentuk silindris & tdk berbanir.[2] Kulit luar brwrn cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu &  halus ketika msh muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan  mnglps stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 thn, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Bj pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt ditemukan tmbh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yang dkt dengan pantai, atau ditanam di tepi jln sebagai tumbuhan plndng.[5] Tanaman yg asalnya dr Hindia Barat ini, bisa tmbh sbr bila tmbh di pasir payau dkt dg pantai.[6]

Manfaat

Tanaman mahoni dapat mengurangi polusi udara sktr 47% - 69% sehingga disebut sbg tanaman pelindung sklgs filter udara dan  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya brtgs mnyrp polutan-polutan di sekitarnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yang mmbt udara di sktrnya mnjd segar.[7] Ktk hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mngkt air yg jth, shngg menjadi cadangan air.[7] Buah mahoni mngndng flavonoid dan  saponin[8]. Buahnya dilaporkan dapat melancarkan peredaran darah shngg para penderita penyakit yg menyebabkan tersumbatnya aliran darah disrnkn memakai buah ini sebagai obat, mengurangi kolesterol, pnmbnn lemak pada slrn darah, mngrng rasa sakit, pendarahan dan  lebam, serta brtndk sbg antioksidan untk menyngkrkn radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, mmbnt mngktkn sistem kkbln, mencegah pembekuan darah, srt menguatkan fungsi hati &  mmprlmbt proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yg dpt bertahan hdp di tanah gersang mnjdkn tumbuhan ini sesuai ditnm di tepi jln. Bagi pnddk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bknlah tumbuhan yang baru, krn sjk zaman penjajahan Belanda mahoni dan  rekannya, Tanaman Asam, sdh bnyk ditanam di pnggr jalan sbg peneduh terutama di spnjng jln yang dibngn olehDaendels antr Anyer smp Panarukan. Sejak 20 thn terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibudidayakan krn kayunya mempunyai nilai ekonomis yang ckp tngg. Kualitas kayunya keras dan  sngt baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng juga dibuat penggaris karena sftnya yang tidak mdh berubah. Kualitas kayu mahoni berada sdkt dibawah kayu jati sehingga srng dijlk sbg primadona kedua untk mewarnai pakaian. Kain yg direbus brsm kulit mahoni akan menjadi kuning dan  tdk mudah lntr.Sedangkan getah mahoni yang disebut jg blendok dapat dipergunakan sbg bhn baku lem, &  daun mahoni untuk pakan ternak.[10]

Ekstrak bj pohon mahoni jg dapat digunakan sebagai pestisida nabati untk mengendalikan hama pada pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pd saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani mrpkn salah satu alternatif pngndln yang bertujuan untk mengurangi dmpk negatif akibat pnggnn insektisida sintetik yang tidak bjksn.

 

2019-03-10 5:39:06 * 2019-03-10 05:29:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | pohon kayu mahoni adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | pohon kayu mahoni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit