Cabai | cabai carolina reaper di indonesia

Cabai | cabai carolina reaper di indonesia

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah & tanaman anggt genus Capsicum. Buahnya dapat diglngkn sbg sayuran mpn bumbu, trgntng bgmn dgnkn. Sebagai bumbu, buah cabai yg pedas sngt terkenal di Asia Tenggara sbg penguat rasa makanan. Bagi seni mskn Padang, cabai bhkn dianggp sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi mskn Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu spesies sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yg tngg. Cabai mngndng berbagai jenis snyw yg brgn bg kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mngndng antioksidan yg brfngs untk mnjg tbh dari srngn radikal bbs. Kndngn trsbr antioksidan ini adalah pd cabai hijau. Cabai juga mngndng Lasparaginase dan Capsaicin yang brprn sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn salah satu produk sayuran yang banyak dibddykn oleh petani di Indonesia karena mempunyai harga jual yang tinggi [2]& mempunyai bbrp manfaat kesehatan yg slh satunya adl zat capsaicin yg brfngs dalam mngndlkn penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang ckp tinggi pada cabai dpt mmnh kebutuhan harian stp orang, nmn hrs diknsms sckpnya untuk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) & merupakan tanaman yang mdh ditnm di dtrn rendah ataupun di dataran tngg. Tumbuhan cabai banyak mengandung vitamin A dan vitamin C srt mngndng minyak atsiri capsaicin, yg mnybbkn rasa pedas & mmbrkn kehangatan panas bl dgnkn untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditnm dg mudah shngg dapat dipakai untuk kbthn sehari-hari tanpa harus mmblnya di pasar.

Tanaman cabai cocok ditnm pd tanah yang kaya humus, gembur dan sarang, srt tidak tergenang air; pH tanah yg ideal sekitar 5-6. Wkt tanam yang baik untuk lhn krng adl pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat harga cabai yang tngg, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober & panen pd bulan Desember, wlpn ada risiko kegagalan. Pohon cabai diperbanyak mll biji yg ditnm dari tanaman yang sehat serta bebas dari hama & penyakit. Buah cabai yg telah dislks untuk bibit dijmr hingga kering. Kalau panasnya ckp dalam lima hari tlh krngkering kmdn baru diambil bijinya: Untuk areal satu hektar dibthkn sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gram bj).

Permasalahan produksi

Slh satu gangguan utm dalam sistem produksi cabai di Indonesia adl adanya serangan lalat buah pd buah cabai. Hama ini sering mnybbkn ggl panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bahwa krskn pd tanaman cabai di Indonesia dapat mncp 35%. Buah cabai yg trsrng sering tmpk sehat dan utuh dr luar ttp bila dilht di dlmnya membusuk dan mengandung larva lalat. Penyebabnya terutama adl lalat buahBactrocera carambolae. Karena gejala awlnya yang tak tmpk jls, smntr hama ini sebarannya masih terbatas di Indonesia, lalat buah menjadi hamakarantina yang ditkt sehingga dpt menjadi penghambat ekspor buah-buahan mpn pd produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan salah satu hama penting pada budidaya cabai krn dapat mnybbkn krskn hingga 80%. Cara pengendaliannya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sdh dilkkn upaya untuk mngndlkn srngn lalat buah ini, di antaranya adalah pembrongsongan yang bisa mncgh serangan lalat buah. Akan tetapi, cara ini tidak praktis untuk dilakukan pada tumbuhan cabai dalam areal yg luas. Sementara penggunaan insektisida sln mncmr lingkungan juga sangat brbhy bagi knsmn buah. Oleh karena itu, dibutuhkan cara pngnndln yang ramah lingkungan & cck untuk ditrpkn di areal luas sprt di lahan sentral produksi cabai. Upaya pengendalian lalat buah pada pohpn cabai, khususnya cabai merah, adalah penggunaan insektisida sintetik krn dianggap praktis, mdh diperoleh, dan menunjukkan efek yang cepat. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg penolak lalat buah.[5]

 

 

2019-03-04 10:26:04 * 2019-03-04 09:10:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai carolina reaper di indonesia adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai carolina reaper di indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit