Kurma (pohon) | pohon kurma jantan

Kurma (pohon) | pohon kurma jantan



cara membedakan pohon kurma jantan dan betina â€" waras farm warasfarm wordpress cara membedakan pohon kurma jantan dan betina CacheMirip15 Feb 2017 Kurma adalah jenis tanaman Palm (Arecaceae) dalam genus Phoenix dan tumbuh secara tunggal dimana perbedaan kurma betina dan  Ciri Kurma Jantan dan Fungsinya Kampung Kurma izlog org ciri kurma jantan dan fungsinya Cache18 Apr 2018 Mungkin belum banyak yang tahu bahwa pohon kurma adalah tumbuhan yang memiliki kelamin, yakni jantan dan betina Meski demikian  Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya | Bibit bibitbuahku cara membedakan kurma jantan dan betinaCache7 Jul 2018 Karena ternyata pohon kurma jantan juga mampu beranak, dan anakan kurma jantan akan berjenis kelamin seperti indukannya CIRI CIRI KURMA BETINA YouTubeâ–º 2:09 youtube watch?v=X4Vv2 T_3Eo12 Mar 2018 2 menit Diupload oleh tani bibitmengenali antara jantan dan betina pohon kurma CIRI CIRI KURMA BETINA tani Ini dia, 2 Cara Mudah Untuk Membedakan Tanaman Buah Kurma jualbenihmurah ternyata gampang 2 cara mudah untuk membedakan tanaman buah kurma jantan dengan tanaman buah ku Cache28 Des 2017 Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious atau berumah dua, artinya memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah Gambar untuk Kurma (pohon) + pohon kurma jantanCara Mudah Mengawinkan Kurma Jantan Dengan Kurma Betina jualbenihmurah cara mudah mengawinkan kurma jantan dengan kurma betina agar dapat segera menghasilkan buahCache29 Apr 2018 Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious atau berumah dua, artinya memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah Cara Membedakan Pohon Kurma Jantan dan Betina, WAJIB BACA wajibbaca cara membedakan pohon kurma jantan dan betina htmlCache15 Ags 2018 Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu terdiri dari tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah Lalu, bagaimana  Dicari Kurma Jantan | Majalah Pertanian Trubus Online trubus online co id dicari kurma jantan CacheMirip8 Ags 2016 Kurma jantan berumur 17 bulan berbunga Kurma jantan berumur 17 bulan sudah berbunga Sekilas penampilan pohon kurma itu tidak  Budidaya kurma Maros: Cara membedakan kurma jantan dan betinabukurmas farm blogspot cara membedakan kurma jantan dan betina htmlCacheMirip7 Des 2016 Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah Jadi untuk proses 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Riau, Sumatera Utara, Lampung, Sumatera Selatan

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon kurma jantan di Lima Puluh Kota, Konawe, Malinau, Parepare, Kota Salatiga, Malinau, Mamuju Utara, Minahasa Tenggara, Kab. Lombok Barat, Kab. Purworejo, Fakfak, Malinau, Maluku Tengah, Kab. Ngawi,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | pohon kurma jantan di Kec. Jasinga, Kec. Tegal Sari, Mambi, Kec. Ngaglik, Kec. Krejengan, Kec. Sakra Timur, Kec. Cibadak, Kec. Gading Cempaka, Bata Bual, Kec. Indra Makmur, Kec. Pancung Soal, Kec. Wonosalam, Kec. Colomadu, Kec. Bone-Bone, Kec. Jila, Kec. Rantau Utara, Kec. Karang Tengah, Kec. Pajangan, Kec. Gunung Sindur, Kec. Ujung Jaya

 

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adl tumbuhan palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapatdimakan. Walaupun tempat asalnya tdk diketahui krn telah sjk lama dibddykn, kemungkinan pohon ini berasal dr tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dengan tinggi sktr 15-25 meter, tmbh secara tunggal atau membentuk rumpun pd sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya mempunyai pnjng 3-5 m, dengan duri pd tangkai daun, menyirip & mempunyai sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg panjang 30 centimeter & lebar 2 cm . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Etimologi

Nama jenis dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kunodáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dari kata kerja Latinferō, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma

Kurma tlh mnjd makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tanaman Kurma diyakini berasal dr sekitar Teluk Persia & tlh dibddykn sjk zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untk dibuat mnjd anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bkt arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman slnjtnya, orang Arab mnybrkn luaskan kurma di sktr Selatan & Barat Daya Asia, bgn utara AfrikaSpanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd thn 1765.

Buah

Buah yg dihslkn oleh pohon kurma diknl sebagai buah kurma.[4] Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan pnjng 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 cm  &ktk msh muda wrnnya merah cerah ke kuning trng, trgntng dari jenisnya. Kurma mempunyai biji tunggal yg ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 centimeter  & tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma diklmpkn mnjd tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Spesies buah ini trgntng pada kndngn glukosafruktosa dan sukrosa


Pohon kurma merupakan tumbuhan varietas dioecious, yaitu memiliki tumbuhan jantan dan betina yang hidup scr terpisah. Mereka bisa tumbuh dg mudah dr bakal biji, tetapi hny 50% pohon betina yg ditanam scr pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yg kecil srt berkualitas rendah. Sebagian besar prkbnn mnggnkn perkmbngbkn stek pada pohon, terutama pada kultivar 'Medjool' krn bisa menghasilkan panen yg banyak srt buah yg manis dan besar. Pohon yg tumbuh dr cara stek akan berbuah 2-3 thn lebih awal drpd tanaman yang menggunakan bibit.

Pembuahan dg serbuk sari pd tanaman kurma dilkkn secara alami oleh angin tetapi pd perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn secara manual. Penyerbukan alami pada tumbuhan jantan & betina, dapat trjd dg jmlh yang sama antara kedua tanaman. Nmn, bila dilkkn dg bantuan, satu pohon jantan bisa menyerbuki hngg 100 tumbuhan betina. Pohon jantan yg merupakan sbg penyerbuk, mmngknkn para petani menggunakan smbr daya mereka untuk memproduksi lbh banyak buah pd pohon betina.

Bbrp petani bahkan tdk memelihara tanaman jantan, yg mana sebagai bunga jantan, untk menyediakannya di pasar lokal pd saat wkt penyerbukan. Penyerbukan manual dikerjakan oleh pekerja terampil dg mnggnkn bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah seperti Irak, para pkrj mmnjt pohon dg menggunakan alat pemanjat khusus, dimana alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya ttp melekat pada bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari bisa ditrbngkn ke bunga betina dengan angin.

Kurma matang dibagi menjadi empat golongan, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 gram kurma segar bisa mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] dan energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yang terkandung dalam kurma relatif sedikit dan hal ini tidak mnjdknnya jauh lebih pekat pd saat proses pngrngn brlngsng, mskpn vitamin C-nya akanhlng.

Kurma merupakan tumbuhan tradisional yg pntng di TurkiIraqArabAfrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adalah makanan tradisional yg utama untk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) jg dibddykn di Amerika Serikat padabgn selatanCaliforniaArizona & bagian selatan Florida.

Pohon kurma dapat berbuah stlh ditanam selama 4 smp 7 thn dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 thn. Tanaman kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan & dibngks atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dari cuaca dan hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma

Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmondkenari, manisan jeruk & kulit lemontahinimarzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dr tajines (untuk puding) diMarokoka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh untakuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untuk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yg paling tersedia untuk dijual & beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adl sumber yg sangat baik untuk diet kalium. Kandungan gula pd kurma yang tlh matang sekitar 80%; sisanya terdiri dr proteinserat, dan elemen termasuk boronkobalttembagafluormagnesiummanganselenium, dan seng.[5]

Di India & PakistanAfrika UtaraGhana, & Pantai Gading, tanaman kurma disadap untk diambil getah manisnya, yang dikonversi mnjd gula kelapa (yg diknl sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dr pnydpn tanaman palma dikenal sebagai lāgbÄ«. Jk dibiarkan untk jngk wkt yg ckp lama (biasanya berjam-jam, trgntng pada suhu) lāgbÄ« dg mdh bisa menjadi minuman beralkohol. Keterampilan khusus dibutuhkan pd saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tdk mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada termasuk UNESCO dilindungi Palmeral dari Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disajikan trbngks pada daging babi asap dan shallow goreng.

Itu jg digunakan untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma

Biji kurma trsbt direndam dr bawah ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untk dgnkn dalam bentuk sabun dan kosmetik. Mrk juga bisa diolah secara kimia sebagai smbr asam oksalat. Benih-benihnya juga dibkr untk membuat arang oleh pandai perak & dapat dirangkai menjadi kalung. Bj kurma jg tanah & dgnkn pd olahan biji kopi atau sbg bahan tambahan untk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli dapat digunakan sebagai sapu. Di Pakistanviskossirup kental yg terbuat dari buah yang masak dgnkn sbg pelapis untuk tas kulit dan pipa untuk mncgh kebocoran.

Getah tumbuhan kurma dapat dgnkn untk membuat sirup danberbagai produk bisa dimakan berasal dari sirup.

Daun tumbuhan kurma dgnkn untk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya digunakan untk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat mnjd tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yg diolah bisa dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang mrpkn sumber ampas selulosa dapat dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yang brhrg mengeluarkan aroma serta seratnya jg bisa dgnkn sbg tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sebagai lulav.

Kayu kayu tanaman kurma digunakan untk tiang dan langit-langit pada pondok, krn lebih ringan dr kelapa dan tidak begitu tahan lama. Kayu jg dgnkn untk konstruksi sprt jembatan dan saluran air, dan bagian dari dhows. Sisa kayunya dibakar sebagai bahan bakar.

Dmn tradisi kerajinan msh berkembang, seperti di Omantanaman palem adalah yang plng srb guna dr semua tumbuhan asli, dan hamper setiap bgn dr tanaman dgnkn untk membuat barang-barang fungsional mulai dari tali dan keranjang untuk sarang, perahunelayan, & tmpt tnggl tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan

Kurma mempunyai kandungan tannin yg tinggi & secara medis digunakan sbg deterjen (memiliki daya pembersihan) & astringent pada usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma bisa diberikan untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mengatakan bhw kurma dapat mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk biji juga dgnkn dalam beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang pohon, di India, dgnkn untk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn melawan sakitgigiSerbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estroneestrogenik, & memiliki efek gonadotropic pada tikus muda.

 

2019-03-18 0:43:11 * 2019-03-18 00:35:12

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | pohon kurma jantan adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | pohon kurma jantan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit