Kurma (pohon) | jadilah seperti pohon kurma

Kurma (pohon) | jadilah seperti pohon kurma



Gambar untuk Kurma (pohon) + jadilah seperti pohon kurmaJadilah Orang Tangguh Seperti Pohon Kurma Dakta dakta news 836 jadilah orang tangguh seperti pohon kurmaCache28 Apr 2015 Oleh: Ulil Albab Pohon korma lazim dijumpai di Timur Tengah Dengan kondisi tanah yang kering, gersang, tandus & kerap dihantam badai  Jadilah seperti pohon kurma, tumbuh kuat berkat adanya tekanan indiraabidin jadilah seperti pohon kurma tumbuh kuat berkat adanya tekanan CacheMirip14 Nov 2014 Ada kata kata bijak kuno yang mengatakan bahwa orang besar akan bertunas seperti pohon korma Pohon korma lazim dijumpai di Timur  Falsafah pohon Kurma | Inspiring points hdmessa wordpress 2016 06 02 falsafah pohon kurma CacheMirip2 Jun 2016 Apa sebabnya pohon kurma bisa kuat seperti itu? Jadilah manusia yang tangguh dan tegar menghadapi beratnya tantangan masalah  Filosofi Pohon Kurma | Menjernihkan Masailhamkamba blogspot 2016 05 filosofi pohon kurma htmlCache2 Mei 2016 Allah SWT mendesain kita seperti pohon korma Sebab itu jadilah tangguh, kuat & tegar menghadapi beratnya kehidupan, cobaan yang kian  MOTIVASI & INSPIRASI HIDUP: Belajar Dari Pohon Kurmamotirasi blogspot 2015 01 belajar dari pohon kurma htmlCacheAllah mendesain kita seperti pohon kurma Sebab itu jadilah tangguh, kuat dan tegar menghadapi beratnya kehidupan Milikilah cara pandang positif bahwa  Jadilah seperti pohon kurma! Dari batang Sahabat KH B facebook jadilah seperti pohon kurmadari 368112310417005 Jadilah seperti pohon kurma! Dari batang sampai buahnya semua bermanfaat Daunnya tak gugur meski di musim kemarau Ia berbuah manis meski tumbuh di Perumpamaan Seorang Mukmin Seperti Pohon Kurma khotbahjumat 3429 perumpamaan seorang mukmin seperti pohon kurma htmlCacheMirip8 Jun 2015 Download materi khotbah jum'at pilihan, khotbah Idul Fitri, khotbah Idul Adha MCY Gelar Silaturahmi, Jadilah Muslim Seperti Pohon Kurma panjimas mcy gelar silaturahmi jadilah muslim seperti pohon kurma Cache17 Jul 2017 YOGYAKARTA (Panjimas ) â€" Mualaf Center Yogyakarta (MCY) menggelar silaturahmi bersama puluhan mualaf, di Gedung Bina  Belajar dari Pohon Kurma: Jadilah Pemenang Kehidupan | Palontaraq palontaraq id belajar dari pohon kurma jadilah pemenang kehidupan Cache13 Mar 2019 Pohon kurma tumbuh tangguh di gurun pasir (foto: ist) Pepatah lama mengatakan bahwa “orang benar akan bertunas seperti pohon kurma”

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Papua Barat, Kepulauan Riau, Maluku, Sumatera Utara, Maluku, Aceh, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Banten

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah jadilah seperti pohon kurma di Gunung Kidul, Bombana, Payakumbuh, Kotamobagu, Padangsidempuan, Payakumbuh, Aceh Utara, Muaro Jambi, Poso, Kab. Karanganyar, Morowali, Sorong, Kab. Madiun, Nunukan,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | jadilah seperti pohon kurma di Kec. Wringin Anom, Kec. Bangsri, Kec. Wates, Kec. Torue, Kec. Puhpelem, Kec. Culamega, Kec. Jatisari, Kec. Arjasari, Kec. Juwana, Kec. Cigemblong, Kec. Jerowaru, Kec. Gunung Sitoli, Kec. Prajekan, Kec. Samigaluh, Kec. Pakisjaya, Kec. Tambelangan, Kec. Cermee, Kec. Idi Tunong, Kec. Simpang Tiga, Kec. Panyabungan Selatan

Kurma, (Arab: Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah pohon palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya bisadimkn. Wlpn tempat asalnya tidak dikth krn telah sejak lama dibudidayakan, kmngkn pohon ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dengan tngg sekitar 15-25 meter, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pd sejumlah batang dari sebuah sstm akar tunggal. Daunnya mempunyai pnjng 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip & mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg pnjng 30 cm dan lebar 2 centimeter . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dr 6-10 meter.

Etimologi
Nm spesies dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dari kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh menjadi mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tanaman Kurma diykn berasal dari sktr Teluk Persia & tlh dibddykn sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bkt arkeologi bddy kurma di bagian Arab timur pada thn 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman slnjtnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Buah
Buah yg dihslkn oleh tanaman kurma diknl sebagai buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 cm danktk masih muda warnanya merah cerah ke kuning trng, tergantung dr jnsnya. Kurma memiliki bj tunggal yg ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma diklmpkn mnjd tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Pohon kurma mrpkn tanaman jenis dioecious, yaitu mempunyai tumbuhan jantan & betina yg hidup scr terpisah. Mereka dapat tmbh dg mdh dr bakal biji, tetapi hny 50% tumbuhan betina yang ditnm secara pembibitan akan berbuah, dan mnghslkn buah yang kecil srt berkualitas rendah. Sebagian besar prkbnn mnggnkn perkmbngbkn stek pd tumbuhan, terutama pada kultivar 'Medjool' krn bisa menghasilkan panen yang bnyk srt buah yang manis & besar. Tumbuhan yang tmbh dari cara stek akan berbuah 2-3 thn lbh awal daripada pohon yang mnggnkn bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pada pohon kurma dilkkn scr alami oleh angin ttp pd perkebunan oasis tradisional dan perkebunan modern, penyerbukan dilkkn secara manual. Penyerbukan alami pada tanaman jantan & betina, bisa terjadi dengan jmlh yg sama antara kedua tumbuhan. Namun, bila dilakukan dg bantuan, satu tanaman jantan bisa mnyrbk hngg 100 tumbuhan betina. Pohon jantan yang mrpkn sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani mnggnkn sumber daya mereka untuk memproduksi lbh bnyk buah pada tumbuhan betina.

Beberapa petani bhkn tdk memelihara tumbuhan jantan, yang mana sebagai bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pada saat waktu penyerbukan. Penyerbukan manual dikerjakan oleh pekerja terampil dg mnggnkn bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah sprt Irak, para pkrj mmnjt pohon dengan mnggnkn alat pemanjat khusus, dimana alat trsbt mengitari batang pohon & pendaki membuatnya tetap mlkt pd bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari bisa ditrbngkn ke bunga betina dg angin.

Kurma matang dbg mnjd empat glngn, yg mana diknl di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 g kurma segar bisa mengandung sumber vitamin C[butuh rujukan] & energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yg terkandung dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tdk menjadikannya jauh lebih pekat pd saat proses pengeringan brlngsng, meskipun vitamin C-nya akanhilang.

Kurma mrpkn pohon tradisional yang penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adalah mknn tradisional yang utama untk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) jg dibudidayakan di Amerika Serikat pdbagian selatanCalifornia, Arizona & bgn selatan Florida.

Tanaman kurma dapat berbuah stlh ditanam selama 4 sampai 7 tahun & bisa dipanen ketika tlh berusia 7 sampai 10 thn. Tanaman kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yg berkualitas untuk bisa dipsrkn, tandan kurma harus ditipiskan & dibungkus atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dr cuaca dan hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dr tajines (untk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) & makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untuk membuat roti pd saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yg paling tersedia untuk dijual & beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adl sumber yang sngt baik untuk diet kalium. Kandungan gula pd kurma yang tlh matang sekitar 80%; sisanya trdr dr protein, serat, & elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.[5]

Di India dan Pakistan, Afrika Utara, Ghana, dan Pantai Gading, pohon kurma disadap untk diambil getah manisnya, yang dikonversi mnjd gula kelapa (yang dikenal sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dr penyadapan tumbuhan palma dikenal sebagai lagbi. Jika dibiarkan untk jngk wkt yg ckp lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dengan mudah bisa menjadi minuman beralkohol. Keterampilan khusus diperlukan pada saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tidak mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada trmsk UNESCO dilndng Palmeral dari Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disajikan terbungkus pada daging babi asap dan shallow goreng.

Itu jg digunakan untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma trsbt direndam dr bwh ke atas untk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untuk digunakan dlm bentuk sabun dan kosmetik. Mereka jg bisa diolah secara kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya jg dibkr untk membuat arang oleh pandai perak & bisa dirangkai mnjd kalung. Biji kurma jg tanah dan dgnkn pada olahan bj kopi atau sebagai bahan tmbhn untk kopi.

Tandan buah yg tlh dipreteli bisa digunakan sebagai sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yg terbuat dr buah yang masak dgnkn sebagai plps untuk tas kulit dan pipa untuk mncgh kebocoran.

Getah tanaman kurma bisa digunakan untk membuat sirup &berbagai produk dapat dimakan berasal dr sirup.

Daun tumbuhan kurma digunakan untk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untuk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat mnjd tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yg diolah dapat dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yg mrpkn sumber ampas selulosa bisa dijdkn sbg tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yg berharga mnglrkn aroma serta seratnya juga bisa dgnkn sebagai tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya digunakan sebagai lulav.

Kayu kayu pohon kurma dgnkn untuk tiang & langit-langit pd pondok, karena lbh ringan dr kelapa dan tdk begitu thn lama. Kayu jg digunakan untk konstruksi sprt jembatan dan saluran air, & bagian dari dhows. Sisa kayunya dibakar sbg bhn bakar.

Dimana tradisi kerajinan masih brkmbng, seperti di Oman, tanaman palem adalah yang plng serba guna dari semua tanaman asli, dan hamper setiap bagian dari tumbuhan dgnkn untk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali & keranjang untuk sarang, perahunelayan, & tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma mempunyai kndngn tannin yg tinggi & secara medis dgnkn sbg deterjen (memiliki daya pembersihan) dan astringent pada usus yg bermasalah.[butuh rujukan] Kurma dapat dibrkn untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam & sejumlah keluhan lainnya dlm bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mengatakan bhw kurma dapat menetralkan keracunan alkohol. Bubuk bj jg digunakan dlm bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang tanaman, di India, dgnkn untk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn melawan sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, & mempunyai efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-03-23 7:42:13 * 2019-03-23 07:30:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | jadilah seperti pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | jadilah seperti pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit