Durian | cara menggambar buah durian

Durian | cara menggambar buah durian

Durian adalah nm tumbuhan tropis yangberasal dari wilayah Asia Tenggara, sklgs nama buahnya yangbs dimakan.  Nama ini diambil dariciri khas kulit buahnya yg  keras & berlekuk-lekuk tajam shg menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durianadalah buah yg kontroversial, meskipunbnyk orangyg menyukainya, namun sbg yang lain malah muak dengan aromanya.

Sesungguhnya, tumbuhan} dg nm durian bkl spesies tunggal ttp sekelompok tumbuhan dr marga Durio.[1] Namun, yg dimksd dg durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adl Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dpt dikonsumsi dan kdngkl ditemukan di pasar tempatnya di Asia Tenggara di antrnya adl lai(D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura /atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kpd D. zibethinus.
 

Terdapat bnyk nm lokal. Nama terbnyk ditemukan di Kalimantan, yg mengacu pada berbagai jenis dan spesies yg berbeda. Durian di Jawa dikenal sbg duren (bahasa Jawabahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera diknl sbg durian &duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, smtr orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa dsbt sbg Doriang. Di Pulau Seram bgn timur disebut rulen.

Pst keankrgmn durian adalah Pulau Kalimantan.[butuh rujukan] Daerah-daerah sktrny juga memiliki beberapa plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, dan Semenanjung Malaya mskpn tidak semelimpah Kalimantan. Meskipun demikian, pengekspor utama durian adalah Thailand, yg mampu mengembangkan kultivar dg mutu tinggi dan sistem budidaya yg baik. Tmpt lain yg membudidayakandurian dg orientasi eksporadl Mindanao di Filipina,Queensland di AustraliaKambojaLaosVietnamIndia, dan Sri Lanka.

Di Filipina, pusat pnghsl durian adl di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawamrpkn perayaan tahunan untuk durian di Davao City.

Pohon tahunanhijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) tetapi ada saat tertentu untk menumbuhkan daun-daun br (periode flushing /atau peronaan) yang trjd setelah masa berbuah selesai. Tumbuh tinggi dpt mencapai ketinggian 25–50 m tergantung spesiesnya,[3] pohon durian srg mempunyai banir (akar papan). Pepagan (klt btng) brwrn coklat kemerahan, mnglps tak brtrn. Tajuknya rindang dan renggang.

Daun berbentuk jorong hingga lanset, 10-15(-17) cm × 3-4,5(-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip atau tumpul dan berujung lancip melandai; sisi atas brwrn hijau terang, sisi bwh tertutup sisik-sisik brwrn perak atau keemasan dg bulu-bulu bintang.[4]

Bunga (jg buahnya) mncl langsung dr batang (cauliflorous) / cabang-cabang yangtua di bgn pangkal (proximal), berkelompok dalam



krngn berisi 3-10 kuntum berbentuk tukal atau malai rata. Kncp bunganya [mmblt|membulat}, sktr2 cm diameternya, brtngk [pnjng|panjang]. [Klpk|Kelopak} bunga bntk tabung spnjng lk. 3 cm, daun klpk tmbhn terpecah] mjd 2-3 cuping [brbntk bundar telur. Mahkota bntk sudip, [kr|kira-kira} 2× panjang kelopak, berjumlah 5 helai, keputih-putihan. Benang sarinya banyak, trbg ke dlm 5 berkas; kepala putiknya membentuk bongkol, dengan tangkai yang berbulu.[4] Bunga mncl drkuncup dorman, mekar pd sore hari dan bertahan hingga beberapa hari. Pada siang hari bunga mntp. Bunga ini menyebarkan aroma wangi yg berasal dari kelenjar nektar di bagian pangkalnya untuk mnrk prhtn kelelawar sbg penyerbuk utmnya.[5] Kajian di Malaysia pada tahun 1970-an menunjukkan bahwa penyerbuk durian adl kelelawar Eonycteris spelaea. Penelitian thn1996 lbh jauh mnjkn [bhw|bahwa} hwn lain, sprt burung madu Nectariniidae & lebah trt srt dalam penyerbukan tiga kerabat durian lainnya.[3][6]

Buah durian bertipe kapsul berbentuk bulatbulat telur hgg lonjong, dg panjang hngg 25 cm & diameter hingga 20 cm.[4] Kulit buahnya tbl, permukaannya bersdt tajam ("berduri", karena itu disebut "durian", wlpn ini bukan duri dlm pngrtn botani), bwrn hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hngg keabu-abuan.

Buah brkmbng stlh pembuahan & memerlukan 4-6 bulan untuk pemasakan. Pd masa pemasakan trjd persaingan antar buah pada satu kelompok, shgg hny satu ataubeberapa buah yang akan mncp kemasakan, &\dan sisanya rontok. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumnya berat buah durian dapat mencapai 1,5 hingga 5 kg, sehingga kebun durian menjadi kawasan yangberbahaya pdms musim durian. Apbl jatuh di ats kepala seseorang, buah durian dapat menyebabkan cedera berat atau bahkan kematian.

Stp buah memiliki lima ruang (awam mnybtnya "kamar"), yang menunjukkan bnyknya daun buah yang dimlk. Msng-msng rngn terisi olh bbrp bj, bsnya tiga butir / lbh, lonjong hngg 4 cm panjangnya, & berwarna merah muda kecoklatan mngklp. Bj terbungkus oleh arilus (salut biji), yg biasa disebut sebagai "daging buah" durian) brwrn pth hingga kuning terang dengan ktbln yang bervariasi, nmn pada kultivar unggul ktbln arilus ini dpt mncp 3 cm. Biji dengan salut biji dalam perdagangan disebut ponggèPemuliaan durian diarahkan untuk mnghslkn bj yg kecil dengan salut bj yg tbl, krn salut bj inilah bgn yang dimkn. Beberapa jenis unggl menghasilkan buah dg biji yang tdk brkmbng nmn dengan salut biji tbl (disebut "sukun")


Durian sangat beraneka ragam. Sbgmn disebut di muka, bbrp jenis sln durian benar (D. zibethinus) juga dianggap sbg durian. Di Indonesia tercatat ada 20 jenis anggota Durio (dr hampir30-an jenis), sembilan di antrnya dapat dimkn.[3][7] Durian yg bnr pun memilik banyak variasi. Lembaga pnltn di Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah mrls berbagai kultivar durian unggul. Sln itu trdpt pl ras-ras lkl yg dikenal baik nmn belum mengalam tahap seleksi untuk mngktn  kualitasnya.

 

2019-02-21 14:31:08 * 2019-02-21 02:22:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Durian | cara menggambar buah durian adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Durian | cara menggambar buah durian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit